Test Speed Wifi untuk Mengetahui Kecepatan Koneksi Wifi

Wifi memang sekarang bisa dengan mudah ditemukan, pasalnya memang dengan menggunakan wifi kita dapat mengakses internet dengan mudah dan cepat. Wifi juga banyak digunakan untuk keperluan kantor, sekolah, kampus, cafe, dan sebagainya mengingat kita saat ini memasuki zaman yang serta internet. Nah mungkin ketika Anda sedang asyik berselancar di media sosial menggunakan jaringan wifi, namun tiba-tiba koneksi internet menjadi lambat dan sangat lambat. Hal ini tentunya akan memunculkan tanda tanya besar, untuk itu Anda dapat mengecek kecepatan koneksi internet dengan menggunakan test speed wifi.

Iya untuk memastikan mengapa tiba-tiba koneksi Anda melemah, tentunya Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu. Nah sebenarnya untuk saat ini sangatlah mudah untuk mengecek kecepatan koneksi internet salah satunya adalah dengan menggunakan test speed wifi. Jadi Anda bisa dengan mudah mengeceknya baik melalui perangkat PC atau smartphone Anda.

pixabay.com

Mengenal Test Speed Wifi

Test speed wifi merupakan layanan untuk menguji kecepatan dan juga performa koneksi internet menggunaka wifi. Layanan ini sudah lama diluncurkan dan saat ini sudah sangat banyak digunakan di berbagai penjuru dunia. Layanan speed test wifi kini juga telah tersedia di berbgai paltform. Anda dapat mengakses test speed wifi yang tersedia di browser melalui situs speedtest.net. Selain itu terdapat juga berbagai aplikasi test speed yang dapat diunduh di berbagai jenis OS mulai dari Android, macOS, iOS, dan Windows. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet Anda mulai dari server penyedia layanan internet, router wifi Anda yang bermasalah, atau terlalu banyak pengguna dalam satu jaringan wifi juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Untuk itu Anda dapat mengamankan koneksi internet pada wifi Anda dengan cara ganti password wifi secara berkala sehingga aman dari pencuri koneksi wifi yang dapat membuat jaringan Anda semakin melambat.

Nah dalam test speed, Anda akan menemukan beberapa istilah yang menunjukkan kecepatan koneksi internet Anda. Salah satu istilah yang akan Anda temukan dalam test speed internet adalah ping yakni waktu reaksi koneksi perangkat Anda. Lebih jelasnya ping menandakan seberapa cepatnya perangkat Anda dalam merespon setelah mengirim permintaan. Ping ini diukur dengan menggunakan satuan milidetik yang mana pada umumnya semakin rendah nilai ping maka akan semakin menunjukkan bahwa koneksi internet semakin berkualitas.

Istilah selanjutnya adalah download speed yang mana istilah ini menunjukkan seberapa cepat perangkat Anda dalam menarik data dari server menuju perangkat Anda. Nah download speed biasanya diukur dengan satuan Mbps (Megabits per second). Kemudian Anda juga akan menemukan istilah upload speed yang mana istilah ini menunjukkan seberapa cepat koneksi internet untuk mengirim data dari perangkat Anda ke perangkat lain. Adapun upload speed ini diukur dengan satuan Mbps.

pixabay.com

Cara Menggunakan Test Speed Wifi di PC dan di Smartphone

Untuk mengukur kecepatan koneksi internet Anda, maka Anda dapat menggunakan test speed wifi. Iya Anda dapat mengecek kecepatan koneksi wifi baik melalui PC atau dengan menggunakan smartphone yang tersambung dengan jaringan wifi tersebut. Adapun cara untuk mengecek test speed wifi pada PC cukup gampang yakni cukup dengan membuka browser, kemudian masuk ke speedtest.net. Atau Anda juga dapat mendownload aplikasi speedtest untuk perangkat windows dan macOS. Nah setelah Anda mengakses situs tersebut,maka Anda bisa kilik bagian go yang terdapat pada layar tengah, dan tunggu sejenah hingga proses tes selesai.

Iya setelah Anda klik GO, maka perangkat akan secara otomatis mengecek koneksi internet wifi Anda. Kemudian dalam beberapa waktu yang tidak lama, maka akan muncul hasil mengenai ping, kecepatan download, dan kecepatan upload. Nah dari hasil test ini Anda dapat mengetahui kecepatan koneksi internet Anda. Kemudian hasil tes ini juga dapat Anda bagikan di media sosial. Dan untuk mengetahui hasil uji kecepatan koneksi internet sebelumnya, maka Anda dapat mengeceknya pada Result History.

Sedangkan untuk melakukan test speed wifi pada smartphone, maka Anda juga harus menyambungkan perangkat smartphone Anda ke perangkat wifi Anda. Setelah itu Anda dapat mendownload aplikasi Speedtest melalui Google Play Store untuk Android, dan App Store untuk pengguna iPhone. Selain mendownload aplikasinya, Anda juga bisa mengaksesnya melalui situs speedtest.net melalui browser pada smartphone Anda. Nah setelah menginstall aplikasinya Anda dapat masuk ke halaman pertama, atau jika Anda melakukan test speed melalui situs maka Anda akan menemukan tombol Go yang beraa ditengah layar.

Setelah muncul tombol go, maka Anda dapat melakukan klik, kemudian perangkat akan melakukan test speed. Tunggu sebentar dan hasil uji kecepatan pun akan muncul. Iya di dalamnya Anda akan menemukan beberapa hasil dari ping, kecepatan download, kecepatan upload dan sebagainya. Nah dari hasil tersebut maka Anda dapat menyimpulkan apakah koneksi internet Anda berada dalam kualitas yang baik atau tidak. Ketika hasil tes Anda menunjukkan bahwa koneksinya lemah, maka kemungkinan terdapat beberapa hal yang menjadi faktor penyebabnya seperti masalah server, masalah router wifi, atau terlalu banyaknya pengguna dalam satu jaringan wifi tersebut.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.