Tips Membuat Tempe Goreng Tepung Lebih Awet Renyah Dan Krispi

Pada umumnya, tempe goreng tepung akan terasa renyah saat baru selesai digoreng dan menjadi lembek setelah dingin. Bagi Anda yang memang lebih suka tekstur tempe goreng yang lembek, tentu tak masalah. Namun jika Anda lebih suka yang renyah dan tetap krispi meski telah dingin, maka Anda wajib tahu tips membuatnya. Kuncinya yakni ada pada pembuatan adonan tepung yang digunakan untuk tempe.

Ada 2 cara yang bisa dipilih untuk membuat gorengan tempe lebih awet renyah dan krispi. Dua cara tersebut ialah:

  1. Gunakan tepung beras atau tepung jagung

Penggunaan tepung terigu untuk tempe goreng akan memberikan hasil gorengan yang keras saat baru matang namun lembek setelah dingin. Untuk itu, jika ingin tempe goreng renyah dan krispi lebih lama, gunakan tepung beras atau tepung jagung sebagai campuran tepung terigu dengan perbandingan 1:1.

  1. Gunakan air es atau air dingin

Jika menggunakan tepung terigu biasa tanpa campuran tepung beras atau tepung jagung, maka Anda bisa menggunakan air es atau air dingin. Buat adonan tepung dengan air ini agar adonan menjadi dingin dan teksturnya lebih keras dan krispi saat digoreng. Penggunaan air es ini adalah sebagai pengganti air mineral dalam pembuatan adonan tepung untuk tempe.

Anda bebas memilih cara mana yang akan Anda gunakan. Namun jika ingin yang paling mudah, penggunaan air es lebih disarankan. Untuk hasilnya, kedua cara ini sama-sama akan membuat tempe goreng tepung lebih awet renyah dan krispi.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.