Cara Merubah Ukuran File JPG

Mau mengurus dokumen atau berkas secara online? Nah, biasanya untuk urusan yang berhubungan dengan berkas online ditentukan dalam format-format tertentu. Beberapa format yang sering digunakan untuk berkas online adalah PDF, JPG, dan DOCX. Selain format-format tersebut, biasanya yang ditentukan juga ukuran file yang akan di-upload. Ada yang mengharuskan ukuran file dibawah 300KB atau 100KB, dan sebagainya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang ukuran file JPG!

Sebesar Apa sih File JPG itu?

File dengan format JPG biasanya untuk foto dengan ukuran maksimal 65,535×65,535 pixel, sampai 4 gigapixel untuk aspek rasio 1:1. Sedangkan ukuran file JPG dalam bytes, perlu diketahui bahwa 1KB sama dengan 1,024 bytes, dan 1MB sama dengan 1,048,576 bytes. Intinya, foto dengan banyak pixel (lebar x tinggi) bisa menjadi file yang berukuran besar, tapi jika di kompresi dengan format JPG (high compression ratio), maka file dapat berubah menjadi sangat kecil.

Secara keseluruhan, ukuran file JPG dapat mengkompresi sampai 5% dari ukuran asli gambar. Hal ini tentunya mempengaruhi kualitas dan detail gambar tersebut, akan tetapi ukurannya yang kecil ini mempermudah dan mempercepat proses upload atau transfer melalui web atau antar perangkat.

pxhere.com

Resolusi Gambar

Ini penting untuk Anda ketahui! Jadi, resolusi mengacu pada jumlah pixels pada suatu gambar. Resolusi terkadang diidentifikasi dengan lebar dan tinggi dari gambar, begitu juga total jumlah pixel dari gambar. Contohnya, pada gambar yang memiliki lebar 2047 pixels dan tinggi 1535 pixels (2047 x 1535), apabila dikalikan, berarti gambar tersebut memiliki ukuran 3,142,145 pixels atau 3,1 Megapixels.

Semakin tinggi pixels yang tertera, maka semakin tinggi kualitas gambarnya. Apabila device Anda tidak dapat memproses file berukuran besar, maka kemungkinan besar akan terjadi lag ketika membuka file tersebut.

pxhere.com

Cara Merubah Ukuran File JPG

Ada banyak faktor yang membuat seseorang mesti merubah file JPG. Bisa jadi karena ada keperluan posting di media sosial atau website. Bisa juga karena alasan yang lebih formal, misalnya seperti untuk lamaran pekerjaan. Kabar baiknya, file JPG ini bisa diubah ukurannya dengan sangat mudah. Berikut ini kami akan membahas beberapa cara merubah ukuran file JPG!

  • Ubah Ukuran File JPG Lewat Ponsel Android

Bagi Anda pengguna ponsel Android, Anda dapat dengan mudah merubah ukuran file JPG. Ponsel Android memang tidak menyediakan fitur khusus yang dapat merubah ukuran file JPG. Namun Anda bisa mengunduh aplikasi di Google Playstore yang dapat merubah file JPG dengan mudah dan cepat. Kebanyakan aplikasi perubah ukuran file di Google Playstore itu gratis, jadi Anda tinggal mengunduhnya!

pxhere.com

Beberapa aplikasi terbaik Android untuk merubah ukuran file JPG yaitu Reduce Photo Size, Photo & Picture Resizer, Image Shrink, dan Resize Me! Proses sangat mudah, Anda tinggal membuka file JPG lewat aplikasi lalu pilih fitur ‘resize’. Selain ‘resize’, ada fitur-fitur lain seperti ‘crop’, ‘rotate’, dan lainnya. Setelah itu Anda tinggal ubah ukurannya sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Ubah Ukuran File JPG Lewat Ponsel Android

Pada dasarnya setiap ponsel Android menghasilkan output kamera dengan format JPG. Pada saat memotret objek tertentu, ukuran filenya biasanya sangat besar, diatas 1MB. Nah untuk merubah ukuran file JPG lewat smartphone Android, maka dibutuhkan aplikasi perubah ukuran gambar. Beberapa aplikasi perubah ukuran gambar di Google Playstore bisa Anda andalkan untuk menurunkan ukuran JPG. Beberapa aplikasi yang paling sering digunakan yaitu Photo Compress 2.0, Reduce Photo Size, Photo & Picture Resizer, Pixlr Express for Android, dan lainnya.

Beberapa aplikasi tersebut menyediakan banyak sekali fitur yang bisa digunakan untuk merubah ukuran file JPG. Jadi Anda tinggal mengunduhnya, lalu menggunakannya untuk merubah ukuran JPG, dan mem-posting gambar JPG di media sosial ataupun untuk keperluan lainnya. Meskipun beberapa aplikasi perubah ukuran JPG tersebut free, namun semuanya menawarkan kemudahan bagi siapapun yang ingin menurunkan atau menaikan ukuran file JPG.

Itulah penjelasan yang lebih detail tentang ukuran file JPG. Singkatnya, JPG adalah format yang mengkompresi file sehingga ukurannya menjadi kecil, dimana file JPG dapat mempermudah proses upload atau transfer antar device. Kalau mau tahu cara memperbesar ukuran file JPG online langsung masuk saja ke website Cara memperbesar ukuran file jpg online. Disana Anda juga akan menemukan berbagai rekomendasi tool terbaik untuk merubah ukuran file JPG. Semoga bermanfaat!

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.