Water Anole, Kadal Air Yang Dapat Bernapas di Dalam Air

Sesuai namanya, kadal air merupakan jenis kadal yang memiliki kemampuan bernapas di dalam air. Beberapa reptil memang diketahui bisa bernapas dalam air, contohnya penyu, buaya dan beberapa jenis ular termasuk juga kadal. Uniknya, saat bernapas di dalam air, kadal ini mempunyai gelembung di bagian kepalanya. Kadal ini merupakan spesies Anolis aquaticus atau yang dikenal dengan nama water anole.

Kadal anole adalah kadal kecil yang umumnya memiliki leher seperti kipas dan punya kemampuan untuk berganti warna kulit. Kemampuan kadal ini menahan napas dalam air, tidak hanya satu atau dua detik saja melainkan hingga beberapa menit. Bahkan yang terlama, kadal ini bisa bertahan selama 16 menit di bawah air.

Berdasarkan penelitian, kadal anole dapat bernapas dan menyelam dalam waktu lama karena memiliki gelembung di kepalanya. Ketika di dalam air, kadal ini menciptakan gelembung kecil di atas kepala yang kembang kempis. Gelembung ini diduga berfungsi untuk mempertahankan udara, mirip seperti fungsi tangki scuba.

Kadal air biasanya menggunakan kemampuannya ini untuk dua kondisi, yakni berburu makanan di dalam air dan bersembunyi di bawah air saat ada predator. Kadal unik ini hidup di Costa Rica dan bisa juga ditemukan di beberapa wilayah tropis.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.