Keistimewaan WordPress untuk Blog yang Harus Diketahui Para Blogger

Bagi kamu yang akrab dengan dunia blogging, baik sebagai penulis atau pembaca tentu sudah akrab dengan platform blog WordPress. Platform blog ini terkenal sebagai penyedia blog gratis yang lengkap dan pengoperasiannya yang mudah.

Bahkan platform ini sering direkomendasikan untuk blogger pemula yang baru hendak memulai blog pribadi. Hingga Maret 2019, WordPress telah digunakan sebanyak 33% pengguna blog dan ini merupakan jumlah yang besar.

WordPress untuk blog digunakan oleh banyak blogger profesional di dunia internet, selain itu terdapat pengaturan SEO dan penggunaan fitur di dalam blog yang banyak. Melalui artikel ini akan dipaparkan keistimewaan WordPress untuk blog, mengapa begitu banyak orang yang menggunakan dan mengapa WordPress sangat direkomendasikan untuk blogger-blogger pemula.

Keistimewaan Fitur pada WordPress

pexels.com

Keistimewaan WordPress dalam dunia blogging yang pertama adalah adanya forum support atau dukungan yang membantu para blogger pemula dalam menjalankan tools-tools yang ada di WordPress.

Forum support pada WordPress berfungsi selayaknya buku panduan, dan tentunya panduan dari WordPress sendiri lebih relevan dibandingkan tips-tips lain yang ada, namun kamu tetap bisa mencari informasi dari artikel-artikel tips blogging di WordPress untuk menambah wawasan dalam blogging. Bagi blogger pemula, belajar membuat blog dengan WordPress bisa sangat membantu.

Kapan pun saat kita memulai sebuah blog, salah satu perhatian utama kita ada pada desain blog tersebut. Kamu bisa mendesain blog kamu dengan membuat desain khusus tema WordPress, membeli tema premium, atau mengunduh tema WordPress gratis.

Biasanya, kita akan lebih memilih tema gratis, dan pada WordPress tersedia begitu banyak tema yang bisa diunduh di marketplace WordPress, tidak seperti pada platform Blogspot yang memiliki tema gratis yang terbatas. Kamu juga bisa membuat desain tema WordPress sendiri dengan menggunakan jasa desainer lepas yang akan membantu kamu membuatkan desain tema WordPress sesuai keinginanmu dengan ongkos yang murah.

WordPress adalah platform blogging yang statis, sehingga untuk kamu yang membutuhkan operasional SEO dalam blogmu bisa menjadi keuntungan tersendiri. Dengan menggunakan SEO, blogmu berpotensi muncul di barisan atas pada mesin pencarian Google. Selain dengan SEO, kamu juga bisa menggunakan promosi di media sosial seperti Twitter dan Instagram untuk blogmu.

Agar menjadi blogger yang sukses, kamu hendaknya meraih kepercayaan dari para audiens. Tidak seperti Blogspot yang banyak digunakan para spammers untuk membuat bakclinks. Selain itu dengan menggunakan WordPress premium, kamu akan mendapatkan kepercayaan lebih atas informasi yang kamu sebarkan.

WordPress juga lebih mudah dimonetisasi sehingga ketika kamu telah meraih kepercayaan yang baik dari audiens atas konten yang kamu bagikan di blogmu, kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan untuk membuat iklan pada blogmu.

Blog Gratis WordPress Lebih Baik dari Blogspot Gratis

pexels.com

Ketika akan membuat blog, kamu terkadang bingung memutuskan mana yang lebih baik, platform WordPress ataukah platform Blogspot. Banyak blogger yang merekomendasikan WordPress sebagai platform blogging karena memiliki fitur yang begitu lengkap.

Kedua platform blogging tersebut, yakni Blogspot dan WordPress menawarkan kemudahan blogging atas platform yang gratis, namun Blogspot lebih memiliki banyak batasan.

Selain kelengkapan fitur yang tersedia di platform gratisnya, WordPress juga memiliki keistimewaan yang lebih pada platform self-hosted blog-nya. WordPress juga menawarkan beragam fitur yang ditawarkan oleh Blogspot, malah melakukan lebih.

Dengan menggunakan blog self-hosted, kamu bisa mendapatkan jaminan lebih dibandingkan blogging dengan platform gratis, karena tak jarang pihak penyedia platform akan menghapus akunmu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, sehingga sangat disayangkan untuk tulisan-tulisan yang kamu buat.

Selain itu, hal penting yang perlu dilakukan sebagai seorang blogger adalah menaikkan traffic atau jumlah kunjungan ke akun kamu. Berapa banyak jumlah pembaca yang berinteraksi dengan konten-konten kamu yang ada di blog. Menggunakan SEO (Search Engine Optimization) bisa membantu kamu meningkatkan jumlah kunjungan ke blog dengan memunculkan laman blog kamu di hasil pencarian teratas mesin pencari Google.

Banyak yang beralih dari Blogspot ke WordPress, dan para blogger mengatakan pengalaman mereka menggunakan Blogspot. Salah satu alasannya adalah ketika menggunakan Blogspot, mereka menghabiskan waktu yang banyak untuk mengedit tema yang muncul pada laman-laman tertentu artikel mereka dan juga sibuk menambah fitur-fitur yang belum tersedia.

Sedangkan saat menggunakan WordPress, tidak demikian. Hal ini dikarenakan WordPress memiliki plugin simpel yang berguna untuk macam-macam kebutuhan. dengan menggunakan plugin ini, kamu bisa melakukan banyak hal, dan ketika kamu menemui kesulitan, kamu bisa meminta saran melalui forum support yang terdapat pada WordPress untuk memperluas jangkauan kemampuan blogmu.

Meski cenderung relatif, banyak orang berkata bahwa desain Blogspot kurang ramah pengguna, hal ini bisa jadi karena Blogspot banyak digunakan para spammer atau orang yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakan blog untuk membuat blackhat SEO seperti yang kamu temui suatu ketika di internet, yang menghubungkan kamu ke sebuah laman web yang ‘abal-abal’. Menggunakan WordPress dibandingkan WordPress juga memberikan kamu manfaat AdSense yang lebih mudah jika suatu ketika blogmu sudah populer dan meraih reputasi yang baik.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.