Yuk, Cari Tahu Hal-hal Seputar Kucing Sphynx!

Apa yang kamu ketahui tentang kucing sphynx? Pasti kucing tanpa bulu yang menggelikan. Meski begitu, banyak orang yang memelihara kucing jenis ini. Kucing yang tidak seperti kucing pada umumnya ini, memiliki sejarah loh. Kucing ini awalnya berasal dari kucing Kanada yang melahirkan kucing tanpa bulu karena mutasi genetik. Itulah awal mula dikembangkan kucing tanpa bulu dan ras pertama kucing tanpa bulu ini diberi nama Canadian Hairless. Ras ini sempat punah ketika CFA mengeluarkan pernyataan bahwa kucing tanpa bulu bukanlah hal yang normal. Sehingga pengembangbiakan kucing ini dihentikan. Kemudian lahir kucing tanpa bulu dari kucing domestik di Minnestona Amerika Serikat.

Kemudian breeder yang bernama Georgina Gattenby melakukan percobaan dengan mengawinkan kucing tanpa bulu itu dengan ras kucing devon rex. Dari situlah lahir kucing sphynx. Sebenarnya kucing ini memiliki bulu, hanya saja sangat pendek sehingga jika dilihat seolah tidak berbulu. Kucing jenis ini memiliki telinga yang lebih panjang dan lebar dibandingkan kucing pada umumnya. Selain itu, mata dan kepala kucing ini juga lebar. Tubuhnya berukuran sedang dan tegap, serta tampak bulat pada bagian perutnya. Tidak hanya bentuk fisik saja, ternyata beberapa sifat dan karakter dari kucing ini juga berbeda loh dari kucing pada umumnya.

Kucing dikenal sebagai hewan peliharaan yang pemalas. Namun, berbeda dengan kucing sphynx. Kucing ini memiliki sifat aktif dan cenderung tidak mau diam. Terlebih, ia akan lebih aktif saat bertemu dengan orang baru. Mengingat keaktifan kucing ini, kamu perlu mengawasi peliharaanmu. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kucing kamu. Sebaiknya sediakan tempat khusus untuk kucing ini supaya kamu bisa mengawasinya dengan mudah dan kucingmu juga tetap aman. Kucing sphynx memiliki umur atau harapan hidup sekitar 8-14 tahun. Wah, cukup lama ya dibandingkan dengan kucing biasa. Meski begitu, kucing ini juga kemungkinan sakit seperti menurunnya daya tahan tubuh dan diare. Harga kucing sphynx berkisar antara 3 juta sampai 25 juta.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.