Yuk Mengenal Tari Riau Yang Unik dan Beragam

Budaya Indonesia begitu kaya, tak hanya sebagai warisan budaya namun juga sebagai pembeda. Sehingga setiap daerah bisa mengunggulkan khasnya untuk ditunjukkan kepada khalayak. Begitu juga dengan Riau yang menempati pulau Sumatra Indonesia ini, juga memiliki ciri khasnya sendiri. Seperti halnya kesenian tari tradisionalnya yang beragam, untuk lebih jelasnya yuk simak Tari Riau dalam ulasan berikut ini.

Mengenal Beragam Tari Tradisional Riau

  1. Tari Persembahan

Tari Persembahan atau yang lebih dikenal dengan Tari Makan Sirih ini merupakan tari yang digunakan untuk penyambutan. Umumnya ditampilkan ketika ada tamu kehormatan yang datang ke Riau. Diiringi dengan alat musik seperti gendang, biola, marwas dan akordian, gerakan tari ini bisa dikatakan sederhana. Tarian ini dibawakan oleh penari perempuan yang jumlahnya ganjil dengan salah satunya membawa nampan berisi sirih yang akan diberikan pada tamu.

  1. Tari Zapin

Tarian satu ini termasuk tarian rumpun Melayu yang dipengaruhi oleh budaya Arab. Karena tari Zapin memang berkaitan erat dengan penyebaran Islam di Nusantara. Tari Zapin sendiri di Riau memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan budaya masing masing daerah. Namun dari segi gerakan sebenarnya tidak banyak berubah karena yang ditonjolkan adalah langkah kaki dan gerak.

  1. Tari Tandak

Tari Riau satu ini juga sering disebut dengan tari Danding dan menjadi khas dari Riau. Di dalam tarian ini menggabungkan nyanyian dalam bentuk pantun dan tari. Tari Tandak biasanya dibawakan oleh sekelompok laki laki dan perempuan. Mereka akan saling menjawab pantunnya nantinya. Tak hanya sebagai kesenian, tari ini juga menjadi ajang mencari jodoh. Karena biasanya penarinya berasal dari kampung yang berbeda.

  1. Tari Malemang

Tari Malemang adalah tari tradisional daerah Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Pada Abada  ke 12 tarian ini ditampilkan di Istana Kerajaan Melayu Bentan yang kini dijadikan sebagai pertunjukkan. Bahkan tari ini juga ditarikan dalam berbagai kesempatan dengan menunjukkan kemampuan mengambil benda seperti uang receh atau sapu tangan. Dimana mengambilnya dengan membongkokkan tubuh ke arah belakang atau berdiri.

  1. Tari Inai

Meskipun dikenal Tarian Jambi, namun Tari Inai lebih banyak ditemukan di Riau. Tari ini merupakan tari sakral yang dibawakan ketika upacara pernikahan Melayu. Di masing masing daerah Melayu tari ini sangat unik baik dari gerakan hingga kostumnya. Tari Inai ada yang dibawakan secara berpasangan ada juga yang tunggal dan kebanyakan dibawakan oleh laki laki. Pada Tahun 2017 silam Tari Riau ini diajukan sebagai warisan budaya tak benda skala Nasional.

Seperti yang kita ketahui setiap daerah di Indonesia memang memiliki ragam budaya yang kaya. Seperti tari tarian di Riau yang memiliki keunikan dan ragam yang tak sedikit. Masing masing tarian bisa dipengaruhi oleh budaya lain seperti budaya Arab atau Melayu tergantung dari asal usulnya. Meskipun demikian kekayaan budaya ini tak boleh untuk diabaikan dan harus dilestarikan.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.